Sabtu, 06 Desember 2014

Menu Sarapan di Samarinda

Waktu kecil dulu, menu sarapan yang banyak dijual di Samarinda
1.    Nasi Kuning Masak Habang

Nasi Kuning di Samarinda ini umumnya sama dengan nasi kuning yang ada d pulau jawa, namun yang membedakannya terletak pada lauknya yang berbumbu merah atau lebih di kenal dengan bumbu bali. Biasanya orang2 sering memesan iwak haruan masak habang (ikan gabus bumbu bali). Sebenarnya lauknya bukan hanya ikan gabus saja, akan tetapi ada telur bumbu bali, daging bumbu bali. Namun nasi kuning sekarang sudah banyak modifikasi, mulai dari lauknya dan tambahan pendamping lauk seperti serondeng, bihun goreng, sambal goreng tempe, mie goreng, dsb.
2.   Lontong Sayur

Pada umumnya lontong sayur ini sama dengan lontong sayur yang lainnya, yang membedakan hanyalah bentuk lontongnya, yang berbentuk segitiga dengan lauk yang dimasak bumbu bali (lauk yang digunakan sama dengan lauk pada nasi kuning)
3.   Nasi Kebuli

Nasi Kebuli ini sama dengan nasi uduk. Namun, untuk lauknya biasanya hanya irisan telur dadar, abon ikan dan serondeng.
4.   Laksa

Kuliner satu ini sudah sangat jarang sekali ditemui. laksa biasa disajikan dengan kuah ikan haruan yang ditumbuk halus dan bersantan dengan taburan bawang goreng di atasnya. Namun, saya juga tidak tahu kenapa kuliner ini sangat sulit dijumpai saat ini.

Dan sekarang…
Banyak sekali pilihan2 menu sarapan di kota samarinda, ada bubur ayam, nasi pecel, soto, dll.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar