Selasa, 16 Desember 2014

Stand By Me Doraemon


Hari ini saya mau membahas tentang film Stand By Me Doraemon yang beberapa hari ini sempat membuat heboh, karena banyak orang yang penasaran dengan film ini karena katanya film ini adalah film perpisahan Doraemon dan Nobita, dengan kata lain film ini adalah film terakhir Doraemon.
Dan akhirnya senin kemarin saya dan teman2 kuliah akhirnya mononton film ini juga karena rasa penasaran yang katanya sedih banget ceritanya. Demi menjawab rasa penasaran, kami bela2in berangkat ke Balikpapan hanya demi film doraemon ini. Jujur saja, sebelumnya saya mencoba mencari2 film stand by me doraemon dan saya mendapatkan di youtube yang durasinya ± 30 menit.
Sebenarnya kalau mau bicara ekspektasi sebenarnya saya mungkin berharap lebih terhadap film Stand By Me Doraemon ini, karena tema yang diangkat dan bikin heboh itu adalah perpisahan Nobita dan Doraemon. Untungnya saya sempat menonton film ini di youtube sebelumnya, sehingga sedikitnya saya tahu kalau ini bukanlah akhir dari kisah perjalanan persahabatan Doraemon dan Nobita. Dan ini bukanlah film penutup dari semua serial Doraemon yang selama ini tayang di RCTI setiap hari minggu pagi.
Dan kenyataannya adalah ini hanyalah film daur ulang dari film sebelumnya. Jadi, boleh dikatakan seharusnya kita tidak usah berekspektasi terlalu berlebihan terutama mengenai ceritanya  karena kalau memang kita mengikuti cerita Doraemon, entah itu serial, manga atau the movienya pasti kalian pernah menonton film Doraemon dengan judul yang sama yaitu Stand By Me dalam bentuk kartun 2D. Dan saya katakan kalau film Stand By Me 3D ini ceritanya 90 % sama persis dengan yang versi kartun 2D.  Jadi, seharusnya kita yang memiliki ekspektasi lebih terhadap film Stand By Me 3D terutama mengenai ceritanya  saya boleh katakan mungkin ekspektasi itu sedikit masuk kategori lebay apalagi sampai mengkritisi alur ceritanya. Kenapa saya mengatakan seperti itu karena saya pastikan kalau memang kita itu pencinta Doraemon pasti tahu mengenai kartun Stand By Me yang versi 2D dan saat kita menonton Stand By Me yang versi 3D kita akan sangat mengerti alur ceritanya, karena film ini memang adalah hasil daur ulang. Tapi kalau seandainya kita masih mengkritisi alur kisahnya yang katanya mengambang dsb boleh saya pastikan kalau anda belum pernah menonton film Stand By Me versi 2D nya dan mungkin juga tidak terlalu mengikuti serialnya di TV.
Bicara mengenai film Stand By Me 3D yang saya sebut adalah film daur ulang, walaupun secara alur cerita sama tapi sebenarnya tak sepenuhnya sama karena sebenarnya didalam film versi 3D ini di mixing atau ditambahkan juga dengan beberapa cerita dari Short Movie dan Serialnya.
Kesimpulannya …
Setelah menonton Stand By Me versi 3D nya kalau boleh dibilang memang biasa saja ( itu menurut saya ) karena saat saya menontonnya saya bisa menebak arah ceritanya kemana jadi saya tak terlalu berekspektasi yang berlebihan. Mungkin kalau dari segi cerita yang versi 2D itu lebih dapat dan mengena dan lebih menyedihkan terutama scene2 saat malam terakhir saat Doraemon akan meninggalkan Nobita, karena disitu benar2 menceritakan detil serta menggambarkan rasa kehilangan Nobita terhadap Doraemon. Dimana diceritakan mereka malam itu saling bercerita mengenang hal2 yang sudah dilewati bersama sehingga kita seakan dibawa flashback mengenang kebersamaan mereka.  Dan banyak dialog2 yang mengharukan.
Terlepas dari alur cerita yang biasa saja dan tidak berbeda dengan versi sebelumnya tapi saya akui grafis dan tampilan versi 3D ini lebih hidup , terutama saat scene yang memperlihatkan kota Tokyo dimasa depan.
Tapi kalau ada yang tanya kalau memang sudah tahu ceritanya kenapa mau aja nonton? Ya sebenarnya saya cuma penasaran dan berharap sesuatu yang berbeda, karena sebelumnya saya menonton hanya lewat youtube dengan durasi ±30 menit saja.
Ya cukup segitu saja yang bisa saya review, dan simpulkan ( ini masih menurut saya ) mungkin film Stand By Me 3D ini bukanlah film terakhir Doraemon, karena mungkin sama dengan film2 daur ulang Doraemon yang lain dan endingnya pun doraemon kembali pada nobita, dan saya juga berharap semoga dikemudian hari akan ada lagi film Doraemon dalam versi 3D.
Mohon maaf kalau ada banyak hal-hal yang tidak pas dihati itu cuma pendapat saya saja. Terima Kasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar